10 Tips Agar Kuliah Menyenangkan



Hallo yang lagi kuliah! Gimana kondisi perkuliahan kamu? Menyenangkan atau tidak? Ada kalanya kita menghadapi jenuh dengan segala rutinitas perkuliahan. Hal ini wajar terjadi pada setiap mahasiswa. Hanya saja kita tidak boleh berlama-lama dalam kejenuhan tersebut. Jenuh yang kita tumpuk dan biarkan terlalu lama sangat membahayakan produktifitas kuliah kita, loh. Nah, berikut 10 tips agar kuliah kamu terasa menyenangkan:

11.  Kuliah merupakan langkah menuju syurga
Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

Yap. Bagi kamu yang muslim tentu sudah tidak asing dengan hadis sahih diatas kan? Menyadari bahwa kuliah (menuntut ilmu) merupakan langkah menuju syurga seharusnya dapat menjadi mood booster kita untuk tetap semangat menapaki semester demi semester perkuliahan. Selain dari hadis diatas, masih banyak hadis sahih lain yang menunjukkan keutaman menuntut ilmu. Perbaharui kembali niat kuliah ya, setiap kali jenuh melanda diri. Dan mengenai mengenai fadhilah menuntut ilmu ini sangat banyak. Perlu pembahasan tersendiri. Nantikan di postingan-postingan selanjutnya ya ^^.

22.  Mind map – kan tiap mata kuliah!
Mengetahui mind map dari setiap mata kuliah yang ditempuh dapat membentuk gambaran di dalam kepala kamu tentang apa sebenarnya tujuan dari mata kuliah tersebut. Sehingga akhirnya kamu tahu alur cerita yang di bahas mau dibawa kemana. Membuat mind map gak perlu yang ribet. Cukup dengan membaca kurikulum dari dosen, disana kamu akan dapati tujuan dari mata kuliah tersebut. Bahkan tak jarang kurikulum yang di buat memuat tujuan setiap bab dari mata kuliah yang dipelajari. Jika kamu ingin yang lebih simpel lagi, tanyakan saja secara langsung kepada dosen pengampu mata kuliah yang dimaksud. Biasanya dosen akan membahas mind map ini pada awal mata kuliah dimulai. Jangan lewatkan pertemuan pertama dengan dosen yah!

33.  Muliakan Dosen
Tipe-tipe dosen sangat beragam. Mulai dari yang simpel sampai yang ribet. Mungkin kita memliki dosen favorit kita, tapi jangan sampai kita membenci satu atau beberapa dosen yang lain hanya karna tidak seperti yang kita inginkan. Ketahuilah, dosen adalah guru yang mentransfer ilmu ke kita. Jika kita tidak menerima kehadirannya, bagaimana ilmu yang ia sampaikan juga bisa kita terima. So, muliakanlah dosenmu! 

44.  Menikmati kuliah
Menikmati segala rutinitas kuliah merupakan suatu upaya menyelamatkan diri dari kejenuhan. Memang sejatinya kuliah itu ada tugasnya, kerjaan kelompoknya, risetnya, dan pernak-pernik lainnya di luar kegiatan belajar mengajar di kampus. Tak jarang menyita banyak jam dari total 24 jam dari waktu yag tersedia. Kasarnya, jika kita tidak ingin rutinitas itu, yasudah tidak usah kuliah saja! Ini sebagai cambukan.Ya, memang seperti itulah kuliah. Dan juga, kita harus bersyukur bahwa kita bisa mengecap pendidikan sekolah lanjutan ini. Diluar sana, banyak sekali kerabat dan teman-teman kita yang menginginkan kuliah, namun tak memiliki daya untuk mencapainya. Jika kamu menghadapi keruwetan kuliah tersebut dengan berusaha menikmatinya, maka gerak badan, fikiran dan energi kamu semakin baik dan produktif dalam perkuliahan.

55.  Percaya Diri
Jangan under estimate terhadap kemampuan kamu. Minder dengan teman-teman sekelas yang kelihatannya lebih ekspert dari kita justru menghambat perkembangan diri kamu. Cukup lakukan segala sesuatunya dengan semaksimal mungkin yang kamu bisa lakukan. Jangan sibukkan diri kamu dengan mengorek-ngorek sejauh mana kemampuan orang lain. Hal ini justru menyita waktu dan energi kita. Tak jarang membuat kita menjadi stres memikirkannya. Berlatihlah terus! Berusahalah!

66. Buat motivasi kuliah
Kamu dapat membuat beberapa poin tentang “Siapa atau Apa sih sebenarnya motivasi kamu untuk kuliah?”. Poin-poin itu dapat kamu tempelkann disetiap tempat yang selalu kamu lihat setiap hari. Misalnya di kaca tempat kamu bercermin. Maka setiap kamu bercermin, kamu akan diingatkan dengan motivasi dari poin-poin yang kamu tuliskan. Motavasi ini dapat berupa cita-cita kamu, orang yang kamu cintai yang berharap pada pundakmu, atau hal lain yang mempengaruhi kamu memutuskan untuk kuliah.

77.  Ikut organisasi
Agar ritme kuliah tidak begitu-begitu saja, maka bergabunglah dengan organisasi kampus maupun organisasi ekstra kampus. Dengan berorganisasi, kamu juga belajar bersosialisasi. Artinya, kamu juga sedang menyiapkan diri sebelum nantinya terjun ditengah-tengah masyarakat. Dengan berorganisasi pula kamu akan dibenturkan dengan manajemen waktu. Sehingga kamu akan terbiasa dengan rutinitas padat. Pada akhirnya membuat kamu selangkah lebih produktif dari mahasiswa yang hanya melakukan kegiatan kuliah pulang kuliah pulang saja.

88.  Memanjakan diri
Manjakan diri kamu dengan melakukan hal apa saja yang kamu sukai. Misalnya santai di tepi pantai, atau melakukan refleksi badan seperti massage, atau jika kamu seorang yang kutu buku berat, hadiahi diri kamu beberapa buku yang kamu suka. Atau sekedar makan sebatang coklat sambil nyatai dirumah juga bisa. Kegiatan-kegiatan yang membuat kamu gembira ini dapat membantu memulihkan jenuh yang melanda diri.

99.  Selesaikan apa yang sudah kamu mulai!
Jika kamu masih saja merasa jenuh dan ditengah jalan kamu merasa ingin menyerah, maka ingatlah pesan berikut. “Banyak hal-hal dalam hidup ini yang memerlukan sebuah KOMITMEN. Kuliah adalah salah satu komitmen yang telah kamu taken secara sadar. Cobalah untuk menyelesaikan apa yang sudah kamu mulai”.

110. Do’a
Hal penting yang tidak boleh dilupakan setelah kita melakukan berbagai usaha adalah DO’A. Mintalah pertolongan pada Yang Maha Kuasa yang berkehendak atas segala sesuatu. Jenuh yang bertumpuk dalam dada, dapat hilang seketika ketika kita bersimpuh memohon pertolongan padaNya.


Demikian 10 tips agar kuliah kamu menyenangkan. Selamat menikmati hari-hari perkuliahan yang penuh dengan warna warni yah ^^ Sampai jumpa di postingan selanjutnya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »