List dan Tips Persiapan Perlengkapan Nikah Ber-Budget

Anyway,
Teman-teman yang lagi persiapan menikah semoga dimudahkan jalannya ya. Yang aku share dimari hanya persiapan perintilan aja. Jangan lupa persiapan pokok harus lebih gede atensi-nya ya kengkawan! Khawatirnya heboh diperintilan, lupa sama yang utamanya. Yang utamanya adalah meluruskan niat menikah, persiapan ilmu dalam berumah tangga termasuk di dalamnya psikologi suami istri, ilmu parenting, dst. Yah, walaupun berumah tangga adalah long life learning and learning by doing
, tetapi kita juga harus tau ilmunya di awal pernikahan apalagi yang berkaitan dengan syariat. Oh iya, buat kamu yang belum baca gimana cerita aku sampai pada gerbang pernikahan, sok atuh baca ceritanya dilink berikut ini tentang Bertemu Cinta di Tahun 2017. 

Berkaitan dengan acara dan konsep pernikahan, sudah dari jauh-jauh hari aku selalu komunikasikan ke orang tua tentang bagaimana dan seperti apa pernikahan impian yang aku mau. Bahkan pembahasan ini sudah dimulai sejak aku lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada tahun 2011 silam. Pernikahan seperti apa sih yang aku mau? Pernikahan yang aku mau adalah pernikahan yang simpel versi aku dengan tema Less is More. Tema ala-ala, intinya mah menekan budget. Contohnya, aku lebih memilih pernikahan dengan mengenakan pakaian muslimah yang sederhana, dengan dandanan yang juga sederhana. Hiasan dan dekor pesta yang tidak terlalu mencolok warnanya. Kemudian, aku lebih memilih munsyid (penyanyi nasyid) sebagai pengisi hiburan acara ketimbang biduan yang nyanyi dangdut (ini biar acara lebih kece versi aku), dan yang pasti adalah “HARUS low budget. Ehehe... :P Eh bener loh ini. Bukan tentang seberapa wahnya acara pernikahan kita, tapi keberkahan dalam acara dan keberkahan dalam membina rumah tangganya yang penting. Iya gak? ^^ *kita sama-sama belajar yah. Soalnya di zaman sekarang, tidak sedikit pernikahan yang diselenggarakan bukan menitik beratkan pada unsur sah, rukun, dan ke sakralan acara, tapi lebih kepada gengsinya dengan dalih, "Ah. Gak apa-apa. Untuk acara seumur hidup sekali juga kok!". Ini berdasarkan penilaian aku yang cukup dangkal. Semoga salah ya. ^^ Oh iya, semua cerita di bawah ini adalah versinya aku ya, jadi kalau kita bersimpangan cita-rasa, itu sah-sah aja. Jangankan aku sama kamu, aku sama adikku saja lain cita-rasanya. Padahal memiliki hubungan sedarah. Intro udah kepanjangan, yuk ah cus aja!

Seingin-inginnya aku dengan konsep versi diri sendiri, teteup keputusan musyawarah keluarga harus dinomor-satukan. Karena yang punya acara bukan kita sendiri. Ada keinginan-keinginan orang tua kita yang harus kita perhatikan. Selain itu juga ada keinginan dari pihak pendamping laki-laki dan keluarga besarnya. Kalau aku, hampir 100% konsep acara pernikahan diatur oleh aku dan keluarga ku. Kalau pihak laki-laki katanya mah ngikut aja. Apa kebanyakan laki-laki seperti ini ya? Sesimpel-simpelnya kita, makhluk bernama laki-laki ternyata jauh lebih simpel. Ah senangnyaaa ^^


Persiapan berikut ini bisa jadi referensi untuk bahan pertimbangan teman-teman yang sedang mempersiapkan pernikahannya. Jangan lupa untuk men-checklist hal-hal yang sudah rampung dikerjakan, sehingga tidak ada bagian yang terlewat di hari H nanti. ^^ Oh iya, vendor yang aku pakai sebagian besarnya berlokasi di Batam. Budgetnya murah, tapi gak murahan. Trust me, it works! *Apaan sih. -_-


11)      HENNA
ig: 
@dmt_hennabatam
fb: dindaadinda
wa: 085668061887
bbm: DA1768A4
line: dindaadindaaa .

Pada dasarnya aku gak mau ber-henna ria. Aku pengennya cukup inai di kuku-kuku aja, atau paling maksimal inai di satu ruas ujung jari. Supaya kelihatannya bersih gitu sih. Ini menurutku yah. Tapi ibu ku dengan segala omelan cintanya, membuat aku luluh juga menggunakan jasa ukir henna. Jadilah aku mulai sibuk mencari desain ukiran sesimpel mungkin. Henna khusus untuk wedding biasanyanya start dari 100K - 450K lengkap untuk tangan dan kaki. Tapi aku lebih memilih jasa henna fun. Yaitu henna yang dibuat bukan khusus untuk wedding. Kalau khusus untuk wedding pastinya bakal glamour cetar ulala. Jadi, keputusan ini lagi-lagi berdampak pada budget. Ya iyalah, henna fun bakal lebih murah ketimbang yang khusus untuk nikahan. Hahaha… Lumayan uang kembaliannya bisa disimpen.

Untuk henna aku pilih yang warna marun. Alesannya? Biar gak gelap banget. Soalnya aku udah eksotis yakan, kalau milih henna yang gelap berasa kena lumpur ni tangan. Selain itu, kenapa warna marun, karna biar cucok aja sama si mawar yang aku pegang. Penting gak sih ini?


Nah, kalau kamu tipe wanita cerewet bahkan di warna henna aja kamu cerewet kayak aku, sebaiknya kamu kudu pasti-in si vendor benar-benar memiliki ketersediaan warna yang kamu mau. Selain tentang bisa atau tidaknya desain ukiran yang kamu mau. Soalnya pengalaman aku, H-2 vendor pertama yang sudah deal dengan aku baru mengabarkan kalau ternyata warna henna yang aku mau tidak tersedia dari supplier-nya. Untung saja waktu itu aku lagi gak keriweuhan, jadi aku bisa dengan cepat mengganti vendor lain. Dan bertemulah aku dengan Dinda si empunya @dmt_hennabatam.





12)      UNDANGAN
ig: undangan_omahcinta
web: undanganomahcinta.com
WA: 081227781617
BB: D5AA1344 .

Perihal undangan, sebenernya gak perlu sih buat aku. Zaman udah canggih gini yakan. Mending manfaatin media sosial aja. Tinggal buat pake aplikasi desain, terus tinggal sebar deh. Modalnya cuma kuota aja. Tapi, setelah di fikir-fikir, nggak semua temen orang tua pake media sosial, dan juga masih ada yang merasa kalau nggak dapet undangan secara langsung itu gak sah diundang. Biasanya sih orang tua yang kayak begini. Well, aku mutusin untuk cetak undangan juga, selain ibuku ngekeuh mau pake undangan. Ihihi. Gak banyak yang aku cetak, Cuma 300 pcs uncangan.

Bentuk undangan ngikutin kemauannya ibuku. Waktu itu ibu requestnya undangan gulung seperti zaman dahulu kala. Ituloh yang kayak di kerajaan-kerajaan, kalau ada pengumuman pakai gulungan kertas. Aku sempet bingung juga untuk memenuhi keinginan ibu, sehingga aku komunikasikan ke calon suami untuk bantu mencari, alias melimpahkan tanggung jawab. Hahaha… Daaan, hebatnya dia dapet dooong. Apa gak di puji sama ibu itu calon menantu. Halaaah. Gitu aja mah aku bisa tinggal searching, gitu fikir dalem hati. (Kalau tinggal nyari di internet, kenapa mesti minta tolong -_- ?. Kelabilan yang tak sudah-sudah). Nah, ini nih, pada saat-saat menuju hari H, terlalu banyak hal yang difikirkan, jadi suka terbatas berfikirnya. Makanya perlu banget adanya pembagian tugas. Nah, aku milih undangannya dengan desain yang paling sederhana dan harga yang paling rendah. Ini buat nekan budget karena undangan cuma sekali dilihat doang, habis itu dibuang. Sayangkan kalau undangan mahal-mahal ada foto kita pulak, terus dibuang. Lagian siapa juga yakan yang mau arsipin foto kita. Haha. Kecuali undangan sekaligus souvenir gitu. Mungkin ini masih lebih baik walaupun mahal, tapi bermanfaat. Bukan hanya sekedar kertas yang bakal langsung ke buang. Contohnya, desain undangan di kalender untuk tahun depan, undangan yang dicetak di souvenir kipas genggam atau di talenan (tempat untuk potong-potong bumbu masakan itu loh). Lucu juga ini.

Tips: Saling berbagi job antara kita dengan si doi. Biar kerjaan jadi tambah ringan dan cepat terselesaikan. Pertimbangkan matang-matang setiap budget yang akan dikeluarkan!









13)      MUA
ig: 
@dprasasti_makeup
fb: ismadayudeviprasasti
WA: +62 896-2336-6446 

Hal pertama yang aku cari adalah Make Up Artist (MUA) alias Mak Andam. Kenapa? Pertama, aku punya kulit wajah yang supeeeeeeer sensitive. Jadi aku memang sengaja mencari MUA yang menggunakan produk-produk kosmetik pilihan yang baik. Kedua, aku mencari MUA yang mengerti keinginanku. Nah, @dprasasti_makeup ini, sekali aku sampaikan aku mau yang begini, udah nyambung aja si mbaknya. Point di make up yang penting buat aku: tidak mencukur/merapikan bulu alis, menggunakan warna lipstick yang aku mau, ehehe, dan tidak norak. Akhirnya aku ditawarkan Test Make Up gratis kalau seandainya nanti jadi menggunakan jasa @dprasasti_makeup ini. Pada saat test make up, tentu banyak hal yang aku sampaikan ke mbaknya, mau ini, mau itu, untung mbaknya sabar, ihihi. Sehingga pada hari H aku udah diem aja. Eh, tetep ada dink sedikit request-an nya.:P

Selama acara nikahan, aku tiga kali make up dikarenakan setiap kali mau sholat aku ulang wudhu. Ehehe. Jadi selalu touch up deh. Oh iya, model kerudung yang aku kenakan juga hasil requestan. Makasih banget kaaaak, udah buat yang kayak aku mau. Ihihi…

Tips: Pertama, Test make up juga penting loh untuk melihat kesesuaian make up dengan wajah kamu. Kalau mak andam nya professional sih gak masalah, yang jadi masalah meskipun bagus riasan mak andamnya, tapi gak cocok di muka kamu. Kadang make up, apalagi untuk nikahan, justru menampilkan wajah yang sangar (aku gak tau harus cari kata pengganti apa untuk sangar ini --"), maksudnya biar jelas kalau di foto, dan gak pucat saat di pelaminan. Tapi kan tetep aja serem yak. So, gak ada salahnya kamu test make up sebelum menentukan siapa mak andam yang akan kamu gunakan jasanya nanti.


Kedua, untuk style kerudung yang fit to face, pilih bahan kerudung yang bukan satin. Satin bagus sih ya karna mengkilap, hanya saja kain yang mengumpul di area depan dada memberi kesan gembung atau terlihat penuh. Tapi ini bisa disiasati dengan mengenakan aksesoris seperti brooch untuk menekan kain yang menggunung. Kalau aku ada dua jenis kain yang di pakai. Kenapa dua? Karna mau satu tapi warna tidak tersedia di seluruh toko kain di Batam pada waktu itu. Hahaha. Jadi mengambil alternative kain yang lain. Jenis kain yang aku gunakan yaitu, ceruti dan hycon. Aku lebih prefer ke ceruti karna punya tekstur sedikit berpasir yang membuat tidak terlalu licin dan juga sangat mudah diatur. Nah, untuk hiasannya, aku tambah dengan kain yang dibiarkan menjuntai kebelakang ditambah mahkota di atas kepala, yang tidak terlalu besar, sebagai pemanisnya. Model seperti ini terinspirasi dari model kerudung nikahan ala-ala Malaysia. Very love it ^^






14)      CINCIN NIKAH
ig: 
@spillajewelry 

Cincin nikah ini urusan doi sih. Aku Cuma mau share aja siapa tau ada yang perlu juga. Cincin nikah nya sepasang. Bisa dipake sama laki-laki karna tidak mengandung emas (sesuai ketentuan syar’iah). Karena belinya online jadi ngukurnya menggunakan kertas yang dililitkan ke jari manis kita. Caranya, ambil kertas yang lebarnya kurang lebih 1cm dengan panjang cukup 5 cm aja. Lingkarkan ke jari yang akan di pasangkan cincin. Temukan satu ujung kertas ke badan kertas di sisi lain yang men-cover jari (dililit). Beri tanda dengan menggunakan pena. Kemudian kertas tersebut di ukur dengan menggunakan penggaris dari ujung kertas yang dilingkarkan ke jari sampai batas tanda yang sudah di buat. Jadi deh ukuran untuk cincin di jari kita. 




15)      DEKORASI AKAD, PELAMINAN & TENDA PELAMINAN
ig: 
@chantika_salon
fb: chantikaros
WA: +62 821-6909-1452 

Nah. Ini hal kedua yang aku cari. Menurut ku ini juga sangat penting di acara, karna dekor acara semua tertuju dari vendor dekorasi akad dan pelaminan. Pelaminan di Batam yang satu ini cukup tinggi jam terbangnya, bahkan tidak sedikit orang yang rela ganti tanggal nikah demi ngikutin jadwalnya vendor satu ini. Lokasinya ada di Melcem, Batu Ampar (sebelah Ayam Bakar Taliwang).

Tante Chantika Ros, atau Tante Ros aku menyapa sang empunya usaha. Orangnya sangat baik dan atensinya tinggi sekali. Baju-baju pengantin sewaannya juga variatif dan dan harganya sangaaaaaaaaaaaat terjangkau. Ada satu baju yang aku sewa disini. Tante Ros menerima konsep dekorasi dari kita. Jadi kita tinggal cerita konsep seperti apa yang kita mau, kalau bisa kita buat coretan atau sketsa dekornya, nanti Tante Ros akan mempertimbangkan apa yang bisa dan yang tidak, sesuai dengan budget kita dan sesuai dengan perlengkapan yang dimiliki. Tante Ros juga memiliki paketan pernikahan yang bisa jadi alternative kalau kamu mau ringkas pada satu vendor saja. Mulai dari dekorasi pelaminan, make up, pengisi hiburan, foto dan videografer, hantaran, henna, bahkan sampai ke bagian alat prasmanan. Atau jika ternyata tidak diperlukan semua, kalian bisa mengurangi atau menambah dengan hal yang lain sesuai dengan keperluan. 

Pada pengalaman aku, tidak semua yang disajikan dalam paket itu aku perlukan. Contohnya seperti tenda tamu yang disediakan dari teman ayah, seperti baju nikahan yang kita miliki sendiri, atau seperti make up yang dengan sengaja aku cari sendiri. Semua dapat kita komunikasikan dengan baik dan jelas ke vendor kita, sehingga mereka akan mengerti keinginan dan keperluan kita. Ada banyak sekali vendor-vendor kece di Batam, tapi yang kece dengan harga cukup bersaing gak banyak. Ehehe… Untuk harga Tante Ros punya harga yang cukup bersaing menurutku.










16)      PHOTOGRAPHER 1 & CINEMATOGRAPHER
ig: 
@fahmifits@myugoutomo
WA: +62 822-8822-1707 .

Wah, ini juga satu hal yang ngebuat aku mencurahkan atensi tinggi. Soalnya, dari ssatu tim fotografer dan sinematografer ini kamu bisa mengabadikan momen penting pernikahan kamu agar dapat tertangkap kamera dengan baik. Banyak sekali fotografer dan sinematografer hebat loh di Batam. Dari mulai yang freelancer sampai ke professional.

Nah. Aku pakai jasa productionnya FVandilla yang sekarang berubah nama menjadi CS. Mereka ngelakuin job ini dalam satu tim kreatif. Kalau kamu memiliki gaya atau pose ala-ala yang kamu inginkan, coba untuk dikomunikasikan ke vendor photographer. Mulai dari pose foto, sudut pengambilan, sampai first look dalam tampilan video cinematik pernikahan kamu bisa direquest. Walaupaun pada dasarnya mereka tentu lebih faham dengan teknik-tenik mengambil gambar, tidak ada salahnya mengkomunikasikannya. Biar mereka juga mengerti gambaran dari keinginan terbesar klient seperti apa.

Berapa harga jasa dari fotografer dan sinematografer? Inget poin ku kan? Low budget. Kali ini aku bongkar deh biaya nya berapa. Cukup merogoh 2 juta rupiah saja kamu bisa dapet semua softcopy file-file foto pernikahan kamu dari dua orang fotografer dan satu orang cinematographer yang merangkap menjadi fotografer juga, file foto yang di cetak 4R dan di album-kan sebanyak 2 roll, dan satu video cinematic yang kece. Menurut aku mereka all out banget sih selama nge-job. Aku kasih bintang 9 dari 10 untuk tim fotografer ini.


Beberapa hasil jepretan mereka di bawah ini.
















17)      PHOTOGRAPHER 2
ig: @radentirta23
fb: radentirta
WA: +62 813-6300-6795
BBM: D8273A1F .


Kenapa sih ada fotografer dua segala? Jadi tuh, aku ngundang beberapa temen lama ku menjelang hari H. Dan dia berniat mau ngasih aku kado berupa jepret-jepretannya di waktu akadku. Jadi deh, kami punya fotografer lain. Kebetulan dia juga baru akan merintis usaha fotografer saat itu so, buat nambah jam terbang juga kali ya. Aku gak bayar, jadi gak tau biayanya berapa. Kamu bisa kontak si empunya bisnis langsung ya. Untuk hasil jepretan kerennya, biar foto-foto di bawah aja deh yang berbicara.















18)      PHOTOGRAPHER 3
fb: Anthon Jhangkunk Sembiring 

Nah. Ini lagi. Kenapa sampe tiga cobaaaak? Yang ini adalah teman ayahku. Om Anthon panggilan akrabnya, dia juga hobi moto-moto, tapi tidak di bisniskan. Jadi Cuma sebatas hobi. Dan si om secara sukarela membantu untuk mengabadikan momen pernikahan ku. Kebetulan saat itu si om juga ikutan jadi panitia bentukan ayah. Jadi kerjaanya gak cuma fokus jepret doang mah. Kesana kemari juga. Ihihi. Nih, di bawah hasil jepretannya.










19)      HANTARAN
ig: 
@hantaranbatamart
WA: 081372717200 


Kalau masalah hantaran ini, aku mah lebih ke yang simpel aja yah. Karna setelah aku telusuri, penyewaan kotak hantaran lumayan besar untuk perkotaknya. Macam-macam sih harganya. Tergantung bahan dari kotak hantaran itu. Ada yang berbahan akrilik yang rata-rata di bandrol 80ribu-200ribuan keatas untuk sewa satu kotaknya dan itu juga tergantung ukuran dari kotaknya. Nah, dihantaran  @hantaranbatamart ini ternyata disediain untuk paket hematnya juga. Jadi kotaknya dari mika. Untuk 5 pcs hantaran cukup 200ribu saja. Murah ya, waktu itu sih karna dapat promo. Oh iya, ada yang lebih murah lagi, sewa dengan tray tanpa penutupnya cuma 30.000 per pcs dengan desain ciamik. Kita gak perlu repot beli pernak pernik dan nge-bungkusinnya. Tinggal pake jasanya aja deh. Waktu itu kenapa pilih yang ada mika, kan mau nekan budget, selama cantik dan murah harusnya milih yang murah dong ya (versi aku). Kalau ditanya gitu aku gak tau juga ya kenapa. Soalnya calon suami yang ngurusin hantaran pada waktu itu. Awalnya mau dibuat sendiri, Cuma karna udah terlalu riweuh, jadi di limpahkan ke jasa pembuat hantaran biar tidak repot. Dan aku sendiri sudah riweuh dengan hal lain. Hihi









110)      BUKET BUNGA
ig: 
@dojofloristbatam
fb: romainiromaini
WA: 085274321994
LINE: romainiromaini .

Nah, ini aksesoris perintilan yang lain. Masih terinspirasi dari pengantin Malaysia. Kebanyakan mereka pake hand bouqet yang simpel-simpel. Jadi aku kepengeeeeen. Ehehe. So, aku putuskan untuk menggunakan satu jenis bunga dengan satu warna saja. Awalnya mau mawar putih yakan, tapi difikir-fikir, bakal gak kelihatan ini. Jadi pindah haluan deh ke warna merah. Aku sengaja beli bunganya tidak sekalian dirangkaikan menjadi bouquet, karna apa? Ya, karna mau yang simpel. Padahal sekaligus jasa bouqetnya di @dojofloristbatam gak mahal loh. Tapi aku milih untuk ngerangkai sendiri dengan melilitkan pita kuning emas bekas apa ya aku lupa, haha, toh juga kagak kelihatan pas dipegang. 

Caranya hanya dengan melilitkan pita pada bagian tangkai yang akan kita genggam saja. Sisanya, biarkan ia terlihat seperti apa adanya. Kalimat macam apa yang barusan -_- Kenapa kok gitu? Banyak juga temen yang tanya. Menurut aku, biar cantiknya si bunga lebih menonjol pada saat dilihat dari jauh, sehingga tidak dikalahkan dengan keriweuhan desain bouquet. Terlihat lebih simpel dipandang. Begitulah kira-kira menurutku.

Bunga dari @dojofloristbatam ini menul-menul banget. Batang mawarnya sangat kokoh, dan kelopak daunnya juga tebal. Selain itu, warna merahnya sesuai banget dengan yang aku pesan. Aaah, senangnyaaa ^^








111)      SOUVENIR 
ig: 
@wudie_kraft
fb: tikasolihah
WA: +62 856-6913-0511 .

Next perintilan adalah souvenir. Untuk souvenir, hal yang aku perhatikan sebelum menentukan memilih souvenir adalah 1) bermanfaat atau tidaknya souvenir, 2) umur manfaat dari souvenir itu sendiri, dan 3) faktor ke-cucok-an seperti layak atau tidaknya dijadikan souvenir. Menurutku, daripada mencari souvenir yang terlampau murah, tapi tidak memenuhi poin-poin diatas, mending, bagian souvenir ditiadakan. Tapi, sekali lagi, setiap keputusan bukan dari satu kepala. Ada banyak kepala dan ada banyak pertimbangan. 

Tersedia beraneka ragam jenis souvenir yang bermanfaat. Tapi pilihan ku jatuh ke CENTONG. Bermanfaatnya buat emak-emak ye. Kenapa aku pilih centong? Karena, perihal aman-nya pengiriman souvenir tersebut hingga sampai ketangan kita, terkhusus pengiriman dari luar daerah. Semisal kamu memilih souvenir kaca hias, kamu kudu tanyakan ke vendornya tentang penge-pack-an si kaca apakah dalam kondisi yang aman-aman saja saat perjalanan, mungkin diperlukan penambahan biaya untuk pengemasan seperti bubble wrap. Tentu vendor yang baik akan memberikan info-info terkait barang dagangannya. Tapi jika jelas souvenir kamu berunsur kaca dan tidak ada info tambahan, tidak ada salahnya kamu tanyakan ke vendor. Nah, untuk meminimalisir ini, aku memilih yang tidak ada unsur kaca. Yaitu centong. Centong ini centong kayu, jadi kalau mau kebentur juga gak masalah. Selain itu kenapa centong? Meminimalisir ke-reject-an souvenir. Ada souvenir yang tempelannya tidak kuat atau mudah patah pada salah satu bagiannya. Ini juga kudu diperhatikan Supaya hitungan dari souvenir yang kamu perkirakan, tidak kekurangan pada saat hari H dikarenakan banyaknya souvenir yang reject. Kenapa memilih centong? Karna mau nyablon nama di centong. Kan gak semua souvenir cocok untuk di sablon nama kita. Haha, yang ini gak penting.

Teteup dalam visi low budget, centong juga termasuk souvenir yang tidak mahal. Dengan harga 2000an, souvenir centong yang minim reject ini bisa kamu dapatkan dilengkapi plastik mika sebagai penutup dan hang tag berupa ucapan terimakasih dari si empunya acara untuk para tamu undangan yang hadir. Aku rekomendasiin banget untuk beli souvenir di @wudie_kraft, cus lihat koleksinya yang lain!





113)       Munsyid Assyabab
WA: 082173764713


Lagu-lagu nasyid sebaiknya juga kamu pilih. Jangan sampai dihari bahagia kamu, pengisi hiburan malah nyanyiin lagu perpisahaan. Aaaah, gimana sih, orang baru aja ketemu di pernikahan masak lagunya perpisahan. Kan jadi keki. Nah, Assyabab ini memiliki seragamnya sendiri loh. Jadi rapi banget dah mereka. Juga orangnya gokil-gokil, jadi setiap selesai satu nasyid, bakal ada aja obrolan nya. Hihihi. 





Demikianlah list dan tips persiapan perlengkapan nikah ala aku. Semoga ada manfaatnya yah sharing kali ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Dadaaaaa ^^  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »