Remaja Islam, Remaja Dakwah

A     : Remaja ??? Gue Bangeeettttz….
B     : Remaja Islam, Remaja Dakwah…. Gimana ?
A    : Kalo Islam gue iya. Tapi kalo dakwah……. Embh…….
B     : Nah loh. Knapa gitu ?
****
kok kayaknya berat banget kedengarannya ya?
Sebagian teman remaja biasanya denger atau ngucapin kata dakwah terasa gimanaaaaa gitu ya.
Hal yang terbayang di benaknya pasti urusannya dengan :
1. jenggottan
2. kopiah
3. baju koko
4. sarung ato gak celana gantung gitu,
5. Baju gede-gede
6. jilbab lebar, kayak bendera berkibar.
de-el-el…
Well. Nggak salah-salah amat sih. Cuma nggak lengkap penilaiannya. Lagian juga terkesan adanya pemisahan antara dakwah dan kehidupan yang umum.
Gini nih, sebenarnya urusan dakwah atau tugas dakwah jadi tanggung jawab bersama seluruh kaum muslimin. Cuma, karena tugas dakwah ini cukup berat, jadinya dakwah secara tidak langsung diserahkan kepada mereka yang ngerti aja.

Anggapan seperti ini insya Allah nggak salah.

Masalahnya kalo cuma dengan alasan seperti ini lalu kaum muslimin yang belum ngerti atau masih awam tentang Islam jadi bebas untuk nggak berdakwah, atau nggak mau terjun dalam dakwah, itu tentu salah, Bro.

Why?

Karena tetap aja punya kewajiban untuk belajar. Tetap punya kewajiban mencari ilmu.
Rasulullah bilang, “Menuntut Ilmu adalah wajib bagi setiap umat muslim” (Riwayat Ibnu Majah, Al-Baihaqi, Ibnu Abdil Barr, dan Ibnu Adi, dari Anas bin Malik)

Teruuuus, apa hubungannya menuntut ilmu dengan berdakwah…?
Of Course !
Jelas ada donk ..

Dakwah itu jelas membutuhkan ilmu. Jadi, betul kalo dikatakan bahwa tugas berdakwah hanya diberikan kepada mereka yang udah menguasai ilmu agama. Tapi, buat kita yang belum menguasai ilmu agama secara mantap bukan berarti nggak ada kewajiban dakwah. Sebab, rasa-rasanya untuk ukuran sekarang nih, nggak mungkin banget ada kaum muslimin yang nggak ngerti sama sekali tentang Islam. Pasti deh, satu keterangan atau dua keterangan dalam ajaran agama Islam sudah pernah didengarnya dan menjadi pengetahuannya. So, sebenarnya tetap punya KEWAJIBAN MENYAMPAIKAN DAKWAH meskipun cuma sedikit yang diketahui. Kalo pengen lebih banyak tahu tentang Islam, ya tentu saja kudu belajar lagi dan mencari ilmu lagi.

Sederhana banget kan solusinya?
Insya Allah kamu pasti bisa ngejalaninya, asal kamu mau.
Yakin deh.



Salam,
Remaja Islam
Remaja Dakwah…
______thuink^^thuink____

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »