Pembukuan Vs Akuntansi

Assalamu'alaikum..
Hai teman-teman semua.
Apa kabar...?
:D

Postingan kali ini tentang Pembukuan Vs Akuntansi.
Gak sama loh mereka berdua itu.
Gak percaya...?
Mari kita kupas...
:D


Yaap...
Seperti yang disajikan di atas ini, AKUNTANSI itu merupakan serangkaian proses komunikasi bisnis, sedangkan PEMBUKUAN hanya bagian dari proses komunikasi bisnis.
Selain itu didalam pembukuan tidak akan terjawab pertanyaan:

"Mengapa transaksi ini dicatat kedalam Biaya? Mengapa bukan dicatat kedalam Aktiva? toh ya sama aja diletakkin di debet..."

"Mengapa untuk pembayaran sewa setahun tidak diakui sebagai beban pada saat pembayarannya, mengapa ada akun Sewa dibayar dimuka?"

"Berapa aja sih yang diakui sebagai utang? Mengapa tidak semua biaya diakui utang..?"

"Kalo ada kesalahan dijurnal, kok gak boleh langsung dihapus dan diganti aja yang baru? Kenapa setiap koreksi harus ter-record?"

De-el-el...

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab bila bergelut didalam akuntansi, bukan pembukuan. Akuntansi membutuhkan kemampuan analisis. Bukan sekedar menghafal dan feeling.
Kemampuan menganalisis transaksi merupakan kegiatan crucial bagi seorang akuntan.
Tanpa pemahaman transaksi (dan juga pemahaman tentang core bisnis entitas usaha), seorang akuntan tidak dapat berargumen tentang latar belakang informasi yang ia sajikan. Padahal informasi yang ia sajikan digunakan oleh para pengambil keputusan.

Jika teman-teman hanya mengenal sebatas debet-kredit, catat-mencatat ping-poro-lan-sudho (perkalian-pembagian-penambahan-pengurangan), maka teman-teman hanya mengenal Pembukuan. Sedangkan Akuntansi lebih dari itu. Pemahaman mengenai alur sistem informasi (terutama keuangan) dan penelusuran kembali dari mana asal informasi serta kelayakan yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, dapat diperoleh dari akuntansi.




_sekian_


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »